Pribadi Guru Yang Efektif
Tugas-H 6
Judul : Pribadi Guru Yang Efektif
Penulis : Ilham
Tanggal, 6 Februari 2023
Seorang guru akan selalu menghadapi persoalan guru yang efektif tidak akan mudah di belenggu oleh persoalan-persoalan akan tetapi ia akan selalu berupaya dan berusaha untuk mengubah persoalan-persoalan yang menjadi tantangan dan peluangnya ia berusaha untuk menjadi pengendali atas keadaan yang tidak menyenangkan bukan karena dikendalikan oleh keadaan yang tidak menyenangkan itu.
Menjadi seorang guru tentunya harus memiliki kompetensi yang ditetapkan oleh undang-undang guru dan dosen yang mana kompetensi tersebut terdiri dari kompetensi pedagogik kompetensi pribadi kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Pribadi seorang guru yang baik maupun yang buruk akan dapat mewarnai sikap bahkan pemikiran dan tingkah laku dari peserta didik baik dia ketika dalam proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru.
Seorang guru dalam mencapai kesuksesan dalam proses pembelajaran guru itu harus memiliki seperangkat ciri kebiasaan yang efektif di dalam buku Steven air coffee dalam buku yang bertajuk 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif, dijelaskan bahwa tanda-tanda manusia yang efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut yang pertama adalah berpikir secara proaktif, yang kedua adalah memiliki tujuan misi atau misi yang jelas, yang ketiga pandai dalam membuat dan menentukan skala prioritas yang keempat berpikir menang-menang atau boleh dikata win-win, kelima senang bekerja sama keenam suka memperhatikan orang lain dan yang ketujuh adalah seorang guru selalu belajar sepanjang waktu, itulah ketujuh ciri-ciri manusia yang efektif yang dijelaskan oleh Steven r kopi dalam bukunya 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif.
Pada dunia pendidikan seorang guru akan banyak menghadapi persoalan-persoalan guru efektif tidak bisa dibelenggu oleh persoalan tersebut namun seorang guru akan selalu berupaya mengubah setiap persoalan yang ditemukan menjadi sebuah tantangan dan peluang guru tersebut berupaya akan pengendalian atas keadaan yang tidak menyenangkan bahkan bukan itu hanya saja akan tetapi guru tersebut dikendalikan oleh keadaan yang tidak menyenangkan itu sebaliknya bagi guru yang sangat mudah bereaksi dan reaksinya negatif atas persoalan-persoalan yang ada maka disebut sebagai guru reaktif bukan guru reaktif tidak akan efektif. Sebaliknya juga demikian bila guru tersebut menemukan hal yang gelap maka sebagai guru yang punya pribadi yang efektif akan menjadikan gelap itu menjadi terang menerang.
Sebagai seorang guru harusnya memiliki tujuan ibaratnya sebuah layang-layang yang putus talinya atau bahkan seperti perahu tanpa nahkoda ia akan mudah terombang-ambing oleh keadaan yang ada di luar dirinya padahal jika guru itu sukses tidak akan terjadi dengan sendirinya dan setiap kesuksesan harus dibayar dan direncanakan dalam dunia pendidikan bagi seorang guru yang efektif dan memiliki tujuan yang jelas maka pada praktiknya menyampaikan proses pembelajaran dalam kelas itu sesuai dengan tujuan dan misinya memang tidak dipungkiri bahwa banyak guru yang asal mengajar atau mengajar asal-asalan sehingga dalam menyampaikan pembelajaran di dalam kelas itu apa adanya paling tidak hanya menunaikan tugasnya sebagai seorang guru dan menunaikan kewajibannya.
Sebagai seorang guru yang efektif sangat-sangat memberikan perhatian yang lebih terhadap peserta didik ia tidak mengedepankan tuntutan untuk dirinya sendiri guru yang efektif pasti memiliki keyakinan bahwa ia dapat memperhatikan peserta didik sebagai seorang yang berprofesi secara maksimal dan juga akan mendapatkan perhatian yang sebanding sebagai guru yang efektif mempunyai keyakinan yang kuat bahwa Tuhan tidak akan pernah menyia-nyiakan amal hambanya sekecil apapun amal itu ia akan tetap berikan oleh karenanya sebagai seorang guru efektif harus menanamkan kebaikan pada peserta didik di mana tugasnya sebagai profesinya. Sebaliknya bagi seorang guru yang tidak efektif justru malas belajar ia selalu beranggapan bahwa dirinya sudah pintar bahkan tidak perlu belajar lagi padahal sesungguhnya berhenti belajar berarti memutuskan diri untuk mundur dari gelanggang sebuah kesuksesan, olehnya itu menjadi seorang guru yang efektif sangat diidam-idamkan oleh seluruh peserta didik yang ada sehingga dapat memberi contoh dan suri teladan bagi peserta didik yang diajarnya pada madrasah.
Selain itu kepribadian seorang guru yang efektif harus memiliki dan menampilkan kepribadian kepribadian diantaranya seperti percaya diri, sederhana, humoris serta berpenampilan yang tenang dan yang paling penting yang harus dimiliki pada kepribadian seorang guru yang efektif adalah masalah stabilitas emosi atau pengendalian emosional terhadap diri seorang guru tersebut. Emosi seorang guru sangat berpengaruh terhadap terjadinya proses pembelajaran karena emosi ini akan melahirkan suasana pembelajaran yang tidak efektif oleh sebab itu seorang guru dituntut untuk memiliki stabilitas emosi dengan emosi tersebut maka rasa senang rasa sedih marah dan sejenisnya hendaknya diekspresikan dengan sebaiknya.
Dari kepribadian seorang guru seperti penulis uraikan tersebut merupakan tuntutan yang harus dimiliki oleh seorang guru oleh karena itu apabila kita seorang guru menghendaki menjadi seorang guru yang efektif maka kepribadian tersebut harus dimiliki dan dijalankan pada saat melakukan proses pembelajaran di madrasah atau sekolah.
Demikian catatan-catatan kecil yang penulis uraikan tentang pribadi guru yang efektif.
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
Komentar
Posting Komentar